Sejarah Desa

LEGENDA DAN SEJARAH DESA KERTAWANGI

a. Legenda

Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua merupakan Desa yang berada di lereng Gunung Burangrang sebelah selatan  yang memiliki topograpi berbukit – bukit dengan kondisi tanah yang subur dimana sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian bertani dan beternak.

Desa kertawangi berada pada ketinggian  +  1300 m diatas permukaan laut ( Dpl ) dengan suhu udara rata – rata  240 C , wilayah Desa Kertawangi termasuk daerah kawasan Bandung Utara ( KBU ) yang harus dijaga kelestarian alamnya karena merupakan daerah resapan air  serta penghasil Udara yang bersih yang dibutuhkan oleh Kota Bandung , Kota Cimahi dan sekitarnya yang berada dibawahnya, oleh karena itu hutan yang dikelola Perhutani telah di tetapkan menjadi Hutan Lindung.

Selain dari menghasilkan Udara yang bersih dan sejuk juga kaya akan Sumber Daya Alam ( SDA ) berupa Gunung, hutan, danau, Jeram, sungai dan air terjun yang apabila dikelola dengan baik dan proposional akan menjadi potensi Pariwisata yang pada gilirannya akan menjadi Sumber Pendapatan Asli Desa ( PAD ) guna membiayai pembangunan baik di Desa maupun Kabupaten

 

b. Sejarah Terbentuknya Desa Kertawangi

Dahulu Desa Kertawangi merupakan bagian dari Desa Jambudipa ,pada tahun 1978 Desa Jambudipa dimekarkan menjadi 2 ( dua ) Desa yang salah satunya diberi nama Kertawangi .

Sumber yang dapat dipertanggungjawabkan menerangkan bahwa  Nama Kertawangi terdiri dari 2 ( dua ) suku kata yaitu Kerta dan Wangi mengandung arti :

Kerta artinya Kaya

Wangi artinya Harum

Kertawangi artinya suatu daerah yang kaya dan harum , yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia juga yang mudah – mudahan masyarakatnya merupakan masyarakat yang sejahtera.

Dahulu Desa Kertawangi merupakan bagian dari Desa Jambudipa ,pada tahun 1978 Desa Jambudipa dimekarkan menjadi 2 ( dua ) Desa yang salah satunya diberi nama Kertawangi .

Desa Kertawangi semula hanya terdiri dari 6 RW dan 27 RT ,sekarang  sudah meliputi                          4 ( empat ) Dusun , 14( sebelas ) RW dan 55  RT.

Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua adalah Pemerintahan Desa yang terbentuk  hasil Pemekaran dari Desa Jambudipa , sekitar tahun 1978 Desa Kertawangi.